Tanpa Kantongi Sertifikat IP68, OnePlus 5 Anti Air

0
91

Ketika pertama kali meluncur di pasar, OnePlus 5 memang tidak pernah secara terang-terangan menyatakan soal ada tidaknya kemampuan tahan air disematkan pada perangkat andalannya ini. Beberapa pekan terakhir, sebuah media berbahasa Prancis serta seorang YouTuber ternama mengklaim bahwa sebenarnya perangkat ini telah dijejali dengan kemampuan yang membuatnya sanggup bertahan di dalam air.

oneplus anti airSeorang YouTuber bernama Shaizor bahkan telah menjalankan serangkaian uji ketahanan air perangkat ini dengan merendamnya dalam sebuah mangkuk. Dengan menggunakan sebuah stopwatch yang diatur hingga durasi 60 detik, Shaizor meletakkan phablet tersebut ke dalam mangkuk dan terus menyiraminya dengan air yang berasal dari dalam teko hingga merendam keseluruhan bodinya. Dalam percobaan tersebut, layar OnePlus 5masih tetap menyala meski tidak mampu merespon sentuhan jari. Begitu perangkat tersebut dikeluarkan dari dalam air, fungsi layar sentuhnya dapat kembali bekerja seperti sedia kala. Pemindai sidik jari serta modul kamera miliknya juga tidak mengalami kerusakan sama sekali. Dengan demikian perangkat ini telah berhasil lolos dari uji ketahanan air yang dilakukan.

Sementara itu pembedahan bodi perangkat yang dilakukan oleh akun YouTuber JerryRigEverything menunjukkan tidak adanya segel adesif antara layar ini dengan tepi bingkai sang perangkat. Selain itu, baki kartu SIM miliknya juga tidak dilindungi oleh segel anti air. Sehingga meski sang perangkat sanggup bertahan dari rendaman air di dalam mangkuk, namun OnePlus 5 mungkin tidak sepenuhnya anti air ketika harus dihadapkan pada situasi penggunaan yang sesungguhnya. Sedangkan menurut sebuah media berbahasa Prancis, OnePlus 5 adalah perangkat yang layak mengantongi sertifikat IP68 yang membuatnya mampu bertahan dari rendaman air pada kedalaman satu meter selama jangka waktu 30 menit. Perangkat lain seperti iPhone 6S diketahui juga mengusung fitur yang serupa meski mereka juga tidak menyebutkannya dalam iklan pemasaran yang mereka lakukan.

Dalam sebuah kesempatan wawancara bersama media Indian Express, CEO OnePlus Pete Lau memang sempat mendapatkan pertanyaan terkait tidak adanya fitur anti air pada perangkat OnePlus yang baru apakah disebabkan karena ingin memastikan perangkat ini tidak akan mengalami masalah kelebihan panas. Dalam responya, Pete Lau menyatakan bahwa ada tidaknya fitur tersebut sebelumnya hanya merupakan faktor kecil yang akan jadi pertimbangan orang untuk membeli smartphone. Pete Lau juga menambahkan bahwa ia tidak merasa penyematan fitur ini merupakan sebuah keharusan yang menjadi tuntutan konsumen saat ini. Penyematan fitur anti air dikatakan juga akan membuat perangkat ini tampak lebih tebal serta membuat bobotnya jauh lebih berat. Selain itu, OnePlus 5 juga diklaim memiliki fitur anti air meski sang vendor memilih untuk tidak mengiklankannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here