Samsung Kembali Langgar Hak Paten Apple

0
235

hak paten applePada tahun lalu Samsung terbukti melanggar hak paten dari Apple dan kalah di pengadilan dengan dikenai denda sekitar 1 miliar dollar, sekarang samsung kembali melanggar hak paten dan menerima kekalahan dalam persidangan kasus pelanggaran hak paten keduanya yang baru digelar. Apple menggugat Samsung dalam persidangan dengan pelanggaran hal paten miliknya yang digunakan di perangkat samsung. Dalam hal ini samsung diputuskan harus membayar ganti rugi lagi untuk kedua kalinya kepada Apple sebesar 119,625,000 dolar.

Dalam sidang kali ini Samsung sebenarnya dituntut Apple membayar 2,2 miliar dolar karena dianggap melanggar 5 paten Apple. Sementara itu Samsung juga menuntut Apple membayar 6,2 juta dolar karena dianggap melanggar dua paten Apple. Hakim kemudian memutuskan bahwa Samsung melanggar 3 paten Apple sementara Apple terbukti melanggar 1 paten milik Samsung.

Tiga paten Apple yang terbukti dilanggar Samsung adalah terkait teknologi yang memungkinkan pemakai mengeklik tautan di dalam sebuah aplikasi untuk meluncurkan aplikasi lain, semisal mengatur alarm dari dalam catatan/memo. Paten lain yang dilanggar adalah tentang teknologi slide to unlock, dan teknologi rekomendasi/autocomplete yang sebenarnya telah diputuskan di sidang pada kasus pertama. Dua paten yang diputus tidak dilanggar adalah teknologi pencarian universal dan sinkronisasi di latar belakang. Paten milik Samsung yang terbukti dilanggar Apple adalah tentang teknologi kamera dan organisasi foto. Sementara itu paten tentang teknologi transmisi video tidak terbukti dilanggar Apple.

Ternyata produk Samsung yang melanggar hak paten Apple cukup banyak seperti Galaxy Nexus, Galaxy S II, Galaxy S II Epic 4G Touch, Galaxy S II Skyrocket, Samsung Admire, Galaxy Note, Galaxy Note 2, Galaxy S3, Galaxy Tab 2 10.1 dan Stratosphere. Dan ternyata juga tidak hanya berhenti disini saja, samsung masih harus menunggu keputusan yang belum final tentang pelanggaran yang berada para perangkat ponsel android Galaxy SII yang akan diputuskan beberapa hari mendatang oleh pengadilan. Diperkirakan kedua pihak ini masih mengajukan banding atas putusan ini.

Source : Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here