Sony Xperia Z2 – Hands-On

0
253

acara  rilis Sony xperia z2Tidak seperti vendor lain yang selalu menghadirkan perangkat baru mereka di indonesia membutuhkan waktu lama, Sony setelah acara MWC di barcelona langsung menghadirkan Sony Xperia Z2 di indonesia dengan segera. Dalam acara peluncuran Smartphone yang termasuk dalam Phablet android  premium yang digelar di Hotel Mulia Jakarta, banyak pecinta smartphone canggih tidak mensia-siakan moment ini begitu saja. Barikut ini beberapa pengalaman dari para penjajal perangkat smartphone Kelas High-End dari Sony.

Design Xperia Z2

Kesan pertama banyak konsumen begitu melihat Xperia Z2 tidak begitu terkejut karena design dan bentuk dari smartphone android ini sangat mirip dengan Xperia Z1. Dilihat dari sudut body yang tumpul dan bagian belakang yang terbuat dari gelas semakin yakin akan kemiripan Xperia z2 dengan pendahulunya.

Yang membedakan design dari xperia Z2 dengan Xperia Z1 terletak pada speaker yang terletak pada bagian bawah dengan mengusung dua buah speaker stereo yang menghadap kedepan dibagian atas dan bawah layar. Hal ini terlihat seperti konsep andalan HTC One tetapi hal ini sayangnya tidak mendukung suara yang keras seperti HTC One.

Kemudian perbedaan lain terletak pada posisi slot MicroSD dan kartu SIM. Slot MicroSD ditempatkan disisi kanan layar, untuk SIM dan port untuk pengisi daya berada disisi kiri yang dilindungi oleh flap Cover. Pelindung Flap Cover ini mengalami perubahan dengan menerapkan design satu pelindung saja, sedang untuk Xperia Z1 menggunakan dua pelindung pada setiap microSDdan port pengisi daya. Tetapi ada juga yang merasa terganggu dengan perubahan ini karena ada resiko yang nantinya mengakibatkan adanya benda asing seperti debu, percikan air atau lainnya yang masuk melalui pelindung yang terbuka.

Design satu Flap Cover ini bila kita ingin membuka satu kebutuhan untuk mengambil kartu MicroSD maka seluruh cover pelindung termasuk dari pengisi daya juga akan terbuka, berbeda dengan xperia z1 yang hanya satu saja yang terbuka dengan kebutuhan pengguna saat ingin membuka slot MicroSD atau Port pengisi daya.

Layar 5.2 inci

Populernya Phablet pada akhir-akhir ini juga mempengaruhi dari Sony untuk merancang Xperia Z2 dengan menggunakan layar besar 5.2 inci yang lebih besar dari xperia z1 yang hanya 5 inci. Perbedaan yang mencolok lainnya adalah jenis panel layar yang digunakan Xperia Z2 . Gambar yang dihasilkan dari layar ini terlihat lebih tajam dan warna yang kontras, serta saturasi yang lebih baik dari sudut pandang yang lebih luas karena sony beralih menggunakan layar bertipe IPS (In Plane Switching) setelah sekian lama mereka menggunakan jenis TFT. Penggunaan Jenis IPS ini terasa lebih tepat karena gambar yang ditampilkan dari layar tersebut terlihat natural dengan tingkat kontras dan saturasu yang lebih baik ketimbang pendahulunya Xperia Z1.

layar 5.2 inci xperia z2

Kamera 20,7 megapixel

Banyak pengguna yang menjajal kemampunan kamera Xperia Z2 pada saat peluncurannya dan mereka cuma berkata “Muanntaap”. Tetapi walaupun resolusi kamera sama dengan Xperia Z1 yaitu 20,7 megapixel akan tetapi banyak perubahan kemampuan kamera xperia z2 ini dengan lebih cepat dan akurasi sistem autofokus yang lebih baik, juga dapat mengenali kontras dan titik fokus dengan cepat. Hal inilah yang membuat pengunjung terkagum-kagum dengan kemera yang dimilikinya.

Phablet android dari sony juga banyak fitur lain yang mengesankan diantaranya adalah kemampuna kamera dengan chip pengolahan gambar BIONZ untuk merekam video beresolusi 4K 3840 x 2160 pixel dan mendeteksi fokus serta fitur SteadyShot yang dapat membuat video tanpa getaran yang berarti meski saat kita merekam terdorong oleh orang lain.

Melihat dari performa dan spesifikasi Xperia Z2 ini membuat saya ingin segera memilikinya, tetapi apa daya, kemampuna belinya belum cukup, bagaiamana anda?

Source : yangcanggih.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here