Google masih miliki Aset Ponsel Rakitan Motorola

0
291

aset motorola dengan proyek araPada akhir januari lalu Google telah menjual unit bisnis Motorola Mobility kepada lenovo yang dilakukannya pada akhir januari lalu dengan nilai sekitar 2,91 miliar Dollar AS dengan menyerahkan portofolio Motorola kepada lenovo, tetapi tidak semuanya dijual ke Lenovo sebagian google tidak menjualnya karena itu merupakan aset yang dipandang google penting dan berharga, perusahaan asal cina ini akan menerima lebih dari 2000 Aset paten motorola.

Google pada tahun 2012 telah membeli motorola dengan harga 12,5 milliar dollar amerika serikat yang merupakan pembelian akuisisi google terbesar yang pernah dilakukannya yang meliputi 17.000 paten dan 7.500 paten aplikasi miliki Motorola. Google sendiri setelah membeli motorola mengembangkan proyeknya yang dengan proyek ponsel modular. Ponsel Modular adalah ponsel rakitan yang komponennya bisa diganti sesuai keinginan pengguna seperti PC Rakitan, termasuk mengganti prosesor, kamera, baterai, RAM, layar, media penyimpanan dll.

Proyek Google ini dinamakan proyek Ara yang sangat berharga, karena itulah google tidak melepas proyek ara ini untuk dijual pada lenovo. Regina Dugan yang disebut-sebut sebagai pimpinan proyek Ara google dibawah divisi Advanced Technology milik Motorola, yang dulunya merupakan direktur Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), sebuah lembaga di bawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas pengembangan teknologi baru untuk militer AS. Situs The Verge juga mengatakan bahwa lenovo telah mengkonfirmasi tentang akuisisi motorola ini tetapi tidak termasuk Projek Ara.

Seluruh tim yang berjumlah 100 orang nantinya akan diboyong google dikantor mereka, yang nantinya akan bergabung dengan tim android. Nantinya lenovo akan mendapatkan lisensi atas teknologi yang dikembangkannya.

Memang dalam hal ini Google masih belum bisa mengangkat keterpurukan Motorola dan belum mendapatkan keuntungan meskipun motorola telah membuat ponsel android Moto X dan Moto G yang menarik perhatian pasar. Menurut para analis, penjulan Motorola kepada lenovo diharapkan dapat mebantu google agar leih fokus dalam bisnis utama dan meningkatkan keuntungan yang lebih besar agi perusahaannya. Sedangkan akuisisi Lenovo pada Motorola belum dibisa dikatak sah karena masih menunggu keputusan dari regulator AS dan Cina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here