Ada Celah Hacker untuk Intip Pesan pada WhatsApp

0
223
Intip Pesan pada WhatsApp

Ramainya aplikasi Social media yang semakin besar dan berkembang, ditambah penggunanya semakin banyak didunia membuat WhatsApp menjadi salah satu Layanan pesan instan terbesar didunia, setiap hari mengirim 27 miliar pesan perhari lebih besar dibandingkan pengguna Twitter.

Pesan-pesan dienkripsi untuk meningkatkan keamanan tetapi ternyata masih ada celah besar untuk seorang perentas masuk, seperti yang ditemukan seorang mahasiswa ilmu komputer Universitas Utrecht Belanda, Thijs Alkemade

WhatsApp ternyata memakai kunci enkripsi yang tidak berbeda untuk pesan masuk dan keluar di seluruh percakapan yang mengakibatkan seorang perentas bukan hanya melihat pesan, tetapi dapat menghapus, menukar ataupun mengembalikan pesan pengirimnya, ungkap situs ArsTechnica

Thijs Alkemade yang menemukan celah ini menuangkan dalam blog nya blog.thijsalkema.de, bahwa siapa saja yang dapat mecegat percakapan di WhatsApp tentunya akan mampu membongkar enkripsi dengan sedikit usaha. Laporan ini ternyata didengar oleh CEO WhatsApp Jab Koum, dia pun mengatakan bahwa Cerita Blogger Alkemade lebih bersifat teoritis dan tidak benar bahwa semua percakapan di WhatsApp tidak terjamin keamanannya.

Cerita Blogger yang dianggap teoritis ini ternyata di amini oleh sejumlah pakar keamanan lain yang telah memperlajari temuan Alkemade. Konsultan security dan cryptographer dari Matasano Securitues Thomas Ptacek menuliskan dalam sebuah diskusi ditwitter “Ini adalah celah besar yang cara mengeksploitasinya diketahui banyak orang”, “Si Perentas tidak perlu repot-repot menempatkan diri ditengah (pengirim dan penerima) untuk mencegat pesan-pesan” tambahnya.

Solusi yang diberikan Alkemade tentang celah ini bahwa WhatsApp dapat menutup celah keamanan tersebut dengan berpindah memakai protokol keamanan bernama Transpot Layer Security yang kehebatannya sudah diuji dan banyak dipakai di internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here